Inovasi Indonesia

Membangun Indonesia melalui Inovasi bersama BIC

PanganEnergiTransportTIKHanKamSehat ObatMaterial MajuLainnya

AddThis Social Bookmark Button

Menristek Hadir dalam Pertemuan Final Juri 103 Inovasi Indonesia

Juri FinalWe are sorry for not being able to provide official translation. Please use the google translator to help you review our site.

Hari Jumat tanggal 1 Juli 2011 lalu telah diadakan Pertemuan Final Juri 103 Inovasi Indonesia di Ruang Komisi 1, gedung 2 BPPT, Jakarta. Di awal acara, Menristek Bpk Suharna Surapranata dan Deputi Menristek bidang Pendayagunaan IPTEK Bpk Idwan Suhardi , menyempatkan hadir untuk mengadakan dialog dengan para sukarelawan Juri yang berasal dari kalangan Industri dan Profesional. Dalam dialog tersebut Menristek mengatakan

perlunya dunia usaha yang mempunyai daya saing, yaitu dimana industri dapat memanfaaatkan produk-produk yang inovatif dan juga dapat bekerja sama dengan para peneliti sehingga kesenjangan yang besar antara penelitian dan dunia industri (bisnis) dapat diminimalkan. Pembangunan ekonomi bangsa adalah merupakan tanggung jawab dari semua pihak, dimana keikutsertaan pihak swasta memberikan peran sangat penting untuk mensukseskan pembangunan ekonomi tersebut. Pemerintah dalam hal ini berfungsi sebagai regulator, fasilitator dan katalisator. Dari sisi regulasi, pemerintah akan memberikan regulasi yang mendukung pelaksanaan investasi. Fasilitasi dan katalisasi akan diberikan pemerintah melalui penyediaan infrastruktur maupun pemberian insentif fiskal dan non fiskal. Pada kesempatan dialog tersebut, Menristek juga mendengar beberapa masukan dari kalangan bisnis yaitu yang menginginkan peran pemerintah untuk mensinergiskan penelitian dan keperluan bisnis.

Menristek sangat mendukung adanya forum dialog seperti ini, dimana hal ini dapat mempererat komunikasi antara Pemerintah dan pihak swasta. Untuk kedepannya perlu juga mengajak para peneliti untuk bersama-sama berdiskusi dalam forum seperti ini, sehingga hasil diskusi nya dapat digunakan untuk menentukan arahan riset nasional.

Setelah acara dialog dengan Menristek selesai, kemudian acara dilanjutkan dengan diskusi antara para Juri mengenai hasil penilaian dari penjurian 103 Inovasi. Proposal yang masuk dalam proses seleksi 103 Inovasi Indonesia berjumlah 200 lebih. Ada perbedaan pendapat dalam penilaian terhadap proposal-proposal yang masuk, sehingga para Juri ini berkumpul dan berdiskusi untuk menyamakan pendapat mereka tersebut. Dari hasil penjurian ini nantinya akan terpilih 103 proposal yang akan dimasukkan ke dalam buku 103 Inovasi Indonesia. Terima kasih kepada para Juri 103 Inovasi  Indonesia atas  usaha dan kerja kerasnya  dalam melakukan tugas penjurian tersebut.

Like Us!

Recommend Us!

Hubungi Kami

I-STP Puspiptek, Bld. #124-TMC2,
Serpong, Tangerang, Indonesia 15314

 

+6221
  • Telepon:
    Hi-BIC-JKT
    44-242-558
    756 016 3-4
  • Fax:
    Hi-BIC-INA
    44-242-462
    756 016 5

Senin - Jum'at; pk. 9.00 - 16.30

Kami ada di Jejaring Sosial. Ikuti kami & terus berhubungan.
Anda berada di: Utama Utama 100 plus Inovasi Indonesia 103 Inovasi Indonesia 2011 Menristek Hadir dalam Pertemuan Final Juri 103 Inovasi Indonesia